Definisi Konsultan

Definisi Konsultan

Pada saat sekarang kita sering mendengar istilah konsultan di berbagai sektor kegiatan. Bahkan di pusat-pusat perbelanjaan (mal), kita sudah sering mendengar kata pramuniaga sudah mulai digantikan dengan istilah konsultan produk-produk tertentu. Bahkan, sekarang istilah dukun sudah mulai tergantikan dengan istilah konsultan supranatural. Kondisi ini menunjukkan bahwa ada 3 kriteria yang melekat pada konsultan yaitu: (1) keahlian, (2) nasihat/saran/masukan, dan (3) tingkat kepuasaan.

Berdasarkan kriteria tersebut, maka konsultan dapat didefinisikan sebagai seseorang atau lembaga yang memiliki keahlian yang memberikan jasa layanan berupa petunjuk, nasihat, pertimbangan, masukan, saran pada bidang tertentu sesuai dengan bidang keahliannya kepada pihak lain (individu/lembaga) yang memerlukannya. Konsultan akan dianggap berhasil jika bisa memberikan kepuasan kepada pihak yang berkonsultasi kepadanya.

Jadi, jika anda sudah memberikan petunjuk, nasihat, saran, pertimbangan kepada teman yang sedang curhat terkait masalah yang dihadapinya, maka anda sudah menjadi seorang konsultan meskipun dalam lingkup yang paling sederhana.

Artikel-Artikel Terkait Lainnya

  1. Upload Dokumen Tender Saat Injury Time adalah Uji Nyali
  2. Jangan Abaikan Laskar Invoice
  3. Lakukan Negosiasi dengan Kandidat Tenaga Ahli pada Saat Proses Tender
  4. Siapkan Plan A, Plan B, Plan C, Meskipun Akhirnya yang Digunakan Plan Z
  5. Laskar Tender - Mereka yang Terlupakan Dibalik Kesuksesan Sebuah Proyek
  6. Ayo Registrasi di Consultant Management System (CMS) ADB
  7. Bedah Kontrak itu "Wajib"
  8. Artikel-Artikel Cetta Lainnya

Tags: konsultan

PrintEmail