• Home
  • Artikel Cetta
  • Cara Mengeksplorasi Kompetensi Perusahaan Dalam Proses Tender Proyek

Kiat Menyajikan Curriculum Vitae yang Dibatasi Hanya 5 Halaman – Versi ADB

Memiliki dokumen curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup yang “tebal” dengan jumlah halaman yang banyak bagi sebagian pihak merupakan kebanggaan tersendiri. Ketebalan tersebut mencerminkan banyaknya pengalaman kerja serta kompetensi lainnya dari si pemilik curriculum vitae. Dalam kondisi tertentu, hal tersebut merupakan hal yang wajar karena bagaimanapun juga curriculum vitae merupakan instrument marketing bagi masing-masing personal untuk meningkatkan “nilai jual” dirinya dalam dunia kerja.

Namun untuk keperluan tender suatu proyek, ketebalan curriculum vitae bisa menjadi pekerjaan tersendiri bagi tim penyusun dokumen tender. Seperti diketahui, dalam proses tender penyajian curriculum vitae telah ditentukan formatnya sesuai dengan ketentuan yang ada dalam dokumen pengadaan. Beban pekerjaan tim penyusun dokumen tender akan semakin bertambah, jika ternyata CV asli dari kandidat tenaga ahli yang relatif tebal tersebut ternyata disajikan dalam format yang berbeda dengan format yang telah ditentukan. Pekerjaan akan semakin bertambah bebannya jika ternyata proyek yang ditenderkan didanai oleh donor internasional yang menuntut penyajian curriculum vitae harus dalam bahasa Inggris.

Salah satu donor internasional yang cukup ketat dalam ketentuan penyajian curriculum vitae adalah Asian Development Bank (ADB). Selain harus dalam bahasa Inggris, penyajian CV juga dibatasi hanya 5 (lima) halaman dengan format yang telah ditentukan. Berdasarkan ketentuan ini, maka bisa dibayangkan beban kerja dari tim penyusun dokumen tender jika mereka harus menyajikan CV berdasarkan ketentuan dari bahan berupa CV asli tenaga ahli yang tebal dengan format yang tebal dan masih harus diterjemahkan. Jika proses penyajian CV dalam kondisi tersebut dilakukan apa adanya tanpa kiat tersendiri, maka pekerjaan tersebut bisa menjadi momok yang “menyebalkan” bagi tim penyusunnya.

Berbagai cara dilakukan agar CV tersebut tidak lebih dari 5 halaman, antara lain yang sering terjadi adalah dengan memperkecil ukuran huruf, memperkecil margin ukuran kertas, memperkeci alinea/paragraph, bahkan yang lebih ekstrim adalah dengan “membuang” halaman yang lebih dari 5 tanpa memperhatikan substansi kompetensi dari kandidat tenaga ahli tersebut, atau dengan kata lain “yang penting tidak lebih dari 5 halaman”. Kondisi tersebut akan berbanding terbalik jika CV asli dari kandidat tenaga ahli sudah sesuai formatnya dengan jumlah halaman tidak lebih dari lima dan sudah dalam versi bahasa Inggris.

Sebenarnya kondisi tersebut di atas bisa disiasati agar beban kerja dalam menyajikan CV yang dibatasi 5 halaman bisa dilakukan secara optimal. Prinsip dasar dari “siasat” tersebut adalah: tidak semua pengalaman dipaksakan harus terakomodir dalam format CV yang telah ditentukan. Adapun kiat-kiat lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Jika pengalaman yang dimiliki oleh kandidat tenaga ahli cukup banyak, maka tentukan terlebih dahulu pengalaman proyek dan posisi penugasan yang relevan dengan lingkup pekerjaan dan penugasan dari proyek yang ditenderkan. Daftar proyekbeserta posisi penugasan yang relevan ini selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan dasar dalam penyajian CV sesuai ketentuan.
  2. Jika daftar pengalaman proyek dan posisi penugasan yang relevan masih juga cukup banyak (masih lebih dari 5 halaman), maka kelompokkan proyek-proyek yang sama berdasarkan durasi waktu pelaksanaanya. Proyek-proyek relevan yang durasi waktunya sangat pendek bisa digabungkan menjadi satu bagian
  3. Sebagai upaya tidak menghilangkan semua kompetensi yang dimiliki kandidat tenaga ahli, maka pengalaman proyek yang tidak relevan bisa disajikan secara gabungan menjadi satu pada bagian akhir dari daftar pengalaman;
  4. Setelah CV tersusun sesuai format yang ditentukan dengan jumlah halaman yang dinginkan, maka baru dilakukan proses penerjemahan (jika CV asli belum diterjemahkan);
  5. Lakukan proses “sentuhan akhir” pada CV yang telah disusun tersebut agar lebih optimal dan informatif

Proses penyusunan CV yang dibatasi oleh jumlah halaman dan format yang telah ditentukan akan bisa dilakukan secara efektif dan efisien jika dilakukan dengan menggunakan kiat-kiat tersebut di atas.

Salam Cetta

PrintEmail