Mengunggah Curriculum Vitae ke Dunia Maya

Upload Curriculum Viate

Seperti telah diuraikan dalam tulisan terdahulu bahwa curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran/risalah pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki oleh seseorang dalam periode waktu tertentu. Meskipun CV merupakan cerminan kualifikasi yang kita miliki, tetapi sebagian besar dari kita hanya menggunakannya untuk keperluan-keperluan tertentu dan menyimpannya secara rapi dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Arsip CV dalam bentuk softcopy masih banyak yang menggunakan hard disk (external maupun internal) maupun flashdisk atau perangkat lainnya yang sejenis.

Dengan menyimpan arsip CV kita seperti yang dimaksud, maka sudah pasti hanya kita sendiri yang mengetahui keberadaannya atau hanya sedikit orang yang mengetahui CV kita. Jika dikaitkan dengan dunia usaha, maka dapat dikatakan bahwa CV adalah salah satu alat untuk memasarkan diri kita sendiri kepada dunia luar. Semakin sedikit orang yang mengetahui CV kita, maka peluang orang lain mengenal kualifikasi kita akan semakin terbatas pula.

Mengacu pada dasar pemikiran tersebut di atas, maka di era teknologi informasi dan komunikasi ini, dunia maya adalah salah satu media yang cukup efektif untuk ikut "memasarkan" CV kita. Daripada kita simpan di dalam hard disk, akan lebih baik jika kita unggah (upload) CV kita di dunia maya karena akan lebih banyak menjangkau sasaran. Banyak situs-situs yang menyediakan fasilitas unggah dokumen (bisa di cari di Google Search), sehingga kita bisa mengakses dari mana saja. Satu hal lagi, dalam mengunggah CV kita di dunia maya, kita perlu menambahkan tag/keyword terkait dengan kualifikasi yang kita miliki sehingga akan memudahkan mesin pencari (search engines) dalam mengindeks file CV kita.

Tag/keywords yang sudah terindeks oleh mesin pencari, akan membantu mengarahkan jika ada pencari informasi terkait kualifikasi seperti yang kita miliki. Untuk memperluas daya "jelajah" CV kita di dunia maya, maka selain berbahasa Indonesia sebaiknya CV yang kita unggah  juga dalam versi English. Sementara CV kita "surfing" di dunia maya memasarkan kita kepada masyarakat luas, kita bisa secara paralel memasarkan CV kita di dunia nyata. Sering tanpa terduga, kita dihubungi oleh seseorang terkait kebutuhan personil dengan kualifikasi seperti yang kita miliki. Hal seperti tersebut, menandakan bahwa CV yang kita unggah di dunia maya berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Selamat mencoba.

Salam Cetta....

Artikel-Artikel Terkait Lainnya

  1. Bisakah Seorang Tenaga Ahli Diklaim sebagai Milik suatu Perusahaan?
  2. Unsur Penilaian Kualifikasi Tenaga Ahli
  3. Mengunggah Curriculum Vitae ke Dunia Maya
  4. Jangan Abaikan Referensi Kerja
  5. Sekilas tentang Curriculum Vitae
  6. Artikel-Artikel Cetta Lainnya

PrintEmail