Sajikan Dokumen Proposal Sebaik Mungkin

Cara Menyusun Dokumen Tender

Bagi konsultan (individu/perusahaan) dokumen proposal dapat dikatakan sebagai sebuah produk yang harus disajikan sebaik mungkin agar dapat menarik pihak terkait untuk menggunakan proposal tersebut.. Dari sisi pemasaran (marketing), dokumen proposal merupakan produk yang hendak dijual kepada calon pengguna melalui proses penawaran. Apabila produk yang ditawarkan kualitasnya bagus dengan kemasan yang menarik serta harga yang cocok, maka produk tersebut berpeluang besar akan "dibeli" oleh pihak yang membutuhkan.

Sebagai sebuah produk, maka dalam penyusunan dan penyajian dokumen proposal perlu diperhatikan 3 (tiga) aspek utama, yaitu:

  1. Kualitas. Aspek ini mencakup korelasi substansi proposal teknis terkait dengan kerangka acuan kerja (terms of reference) dari pihak klien
  2. Kemasan. Aspek ini erat hubungannya dengan bagaimana kita menyusun dan menyajikan komponen-komponen proposal sebagai sebuah dokumen tender sehingga menjadi produk yang menarik (tidak membosankan) untuk dievaluasi.
  3. Harga. Aspek ini mencakup harga yang kita tawarkan terkait dengan kualitas proposal teknis yang kita ajukan. Harga yang kita tawarkan haruslah kompetitif dan disesuaikan sesuai dengan pagu anggaran yang tersedia dari pihak klien.

Jika ke 3 (tiga) aspek tersebut diatas sudah disajikan sebaik mungkin, maka akan memudahkan bagian pemasaran (marketing) untuk menawarkan dan menjual dokumen proposal kepada pihak klien. Sebaliknya jika dokumen proposal disajikan secara asal-asalan, maka bagian pemasaran dituntut "kerja keras" dalam menjual produk yang ditawarkan.

Sebagai tambahan informasi, untuk tender-tender proyek yang didanai oleh donor internasional, aspek penyajian proposal (proposal presentation) telah menjadi salah satu komponen yang dinilai. Hal ini menunjukkan bahwa, penyajian dokumen proposal merupakan aspek yang tidak bisa diabaikan oleh pihak konsultan (individu/perusahaan) jika ingin mendapatkan nilai yang optimal.

Berdasarkan uraian-uraian tersebut di atas, maka dapat dikatakan bahwa cara penyajian dokumen proposal adalah cerminan dari kualitas konsultan (individu/perusahaan) yang menyajikannya. Jadi, marilah kita sajikan dokumen proposal kita  sebaik mungkin, karena hal itu adalah cerminan dari diri kita sendiri.

Salam Cetta....

Aritikel-Artikel Terkait Lainnya

  1. Perbedaan Antara Rencana Kerja dan Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Dalam Proposal Tender
  2. Cermati Kisi-Kisi Penilaian Evaluasi Tender Proyek
  3. Ikuti Aanwijzing, Cermati Berita Acaranya
  4. Jangan Sajikan Bubur Ayam Kalau yang Diminta Nasi Goreng
  5. Read This Document Carefully
  6. Proposal Teknis - Bagian 5
  7. Proposal Teknis - Bagian 4
  8. Proposal Teknis - Bagian 3
  9. Proposal Teknis - Bagian 2
  10. Proposal Teknis - Bagian 1
  11. Prinsip Dasar Penyusunan Proposal
  12. Penyusunan Proposal
  13. Artikel-Artikel Cetta Lainnya

PrintEmail