Sekilas tentang Expression of Interest

Cara Menyusun Expression of Interest

Expression of Interest (EOI) merupakan istilah yang tidak asing bagi dunia konsultan, terutama bila dikaitkan dengan proses lelang proyek yang didanai oleh donor internasional. Jika dikaitkan dengan proses lelang versi APBN maka tahap Expression of Interest (EOI) sama dengan proses pra kualifikasi, yaitu proses lelang yang mengevaluasi kemampuan suatu perusahaan yang berminat untuk mengikuti proses lelang suatu proyek.

Dalam proses pengadaan individual consultant oleh donor internasional, EOI juga merupakan tahap awal seleksi dari proses tersebut. Secara umum, EOI juga berlaku dalam proses pengadaan SDM oleh suatu instansi/perusahaan berdasarkan kriteria dan kualifikasi yang diberlakukan. Jika didefinisikan, maka Expression of Interest adalah dokumen pernyataan minat dari perusahaan/individual untuk mengikuti suatu proses pengadaan (proyek/SDM) berdasarkan kualifikasi/persyaratan yang telah ditentukan.

Sebagai proses awal pengadaan, maka dokumen EOI harus bisa menggambarkan kemampuan dan pengalaman dari individu/perusahaan dalam melaksanakan pekerjaan sejenis/relevan dalam proses pengadaan. Pada sebuah dokumen EOI, setidaknya terdiri dari: surat pernyataan minat (letter of interest), uraian kompetensi, dan dokumen Pendukung yang menguatkan uraian kompetensi.

Surat Pernyataan Minat (Letter of Interest) dibuat sebagai pengantar resmi pernyataan minat kita untuk mengikuti proses pengadaan, sekaligus sebagai surat perkenalan dan penjelasan secara ringkas terkait kemampuan dan pengalaman kita sehingga layak untuk mengikuti/memenangkan suatu proses pengadaan. Selain surat pernyataan minat (letter of interest), satu hal penting lainnya adalah uraian kompetensi yang kita miliki. Uraian kompetensi secara substansi adalah bagaimana kita bisa menggambarkan kompetensi yang kita miliki terkait dengan kualifikasi/syarat yang telah ditentukan.

Uraian kompetensi yang kita miliki sedapat mungkin bisa mengeksplorasi kemampuan kita dalam hal teknis dan manajerial. Kompetensi terkait dengan pengalaman berisi tentang uraian tentang pengalaman pekerjaan yang kita miliki khususnya pekerjaan yang sejenis serta posisi/jabatan yang sejenis dalam pekerjaan yang dimaksud. Sedangkan kompetensi manajerial adalah uraian bagaimana kemampuan kita dalam proses pengelolaan pekerjaan tersebut (lebih terkait dengan SOP perusahaan). Khusus untuk perusahaan konsultan, kompetensi teknis juga harus bisa menggambarkan kemampuan perusahaan dalam menyediakan sumberdaya tenaga ahli yang diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan yang dimaksud.

Untuk jenis-jenis pekerjaan tertentu, perusahaan konsultan juga perlu menggambarkan kemampuan finansial yang dimilikinya untuk dapat memberikan jaminan kepada pihak panitia lelang bahwa peruahaan tersebut mampu secara finansial jika mengelola pekerjaan yang dimaksud.

Dalam suatu dokumen EOI, biasanya juga perlu ditampilkan dokumen pendukung yang memperkuat uraian kompetensi seperti telah disebutkan di atas. Dokumen pendukung tersebut antara lain : (i) Daftar pengalaman/ Curriculum Vitae (untuk individual), (ii) Daftar sumberdaya manusia/tenaga ahli (bagi perusahaan), akan lebih bagus jika dilampirkan CV kandidat TA yang punya potensi untuk diusulkan, (iii) Administrasi/legalitas/finansial (tergantung persyaratan yang ditetapkan).

Secara filosofi dasar, dalam dokumen expression of interest setidaknya ada tiga buah pertanyaan yang jawabannya perlu kita jabarkan terkait dengan kualifikasi/persyaratan yang telah ditentukan:

  1. Siapa kita? Pada item ini kita perlu memperkenalkan secara gamblang siapa diri kita dan keperluannya apa
  2. Bagaimana diri kita? Pada item ini kita juga perlu menjelaskan kemampuan dan pengalaman yang kita miliki dalam keterlibatan pengelolaan suatu pekerjaan
  3. Mengapa kita? Dalam menjabarkan uraian jawaban pertanyaan ini, kita harus bisa meyakinkan kepada pihak panitia lelang/pengadaan, bahwa berdasarkan uraian jawaban seperti item (1) dan item (2) di atas, maka kita sangat layak untuk ditunjuk sebagai pihak yang mengelola proyek (bagi perusahaan)/posisi tertentu (bagi individu) seperti yang dipersyaratkan.

Sebagaimana telah diuraikan dalam penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan individual/perusahaan dalam menyusun dan menyajikan dokumen expression of interest memiliki arti penting dalam suatu proses pengadaan pekerjaan. Suatu individu/perusahaan dengan kemampuan dan pengalaman yang bagus tetapi tidak bisa mengeksplorasi kemampuan/pengalaman yang dimiliki, bisa dianggap tidak memenuhi kualifikasi /persyaratan yang telah ditentukan. Sebaliknya, individu/perusahaan dengan pengalaman yang minimalis tetapi bisa mengekplorasi kemampuan/pengalamannya dengan bagus, akan bisa dianggap memenuhi kualifikasi/persyaratan lelang oleh panitia pengadaan.

Salam Cetta....

Aritikel-Artikel Terkait Lainnya

  1. Perbedaan Antara Rencana Kerja dan Jadwal Pelaksanaan Pekerjaan Dalam Proposal Tender
  2. Cermati Kisi-Kisi Penilaian Evaluasi Tender Proyek
  3. Ikuti Aanwijzing, Cermati Berita Acaranya
  4. Sajikan Dokumen Proposal Sebaik Mungkin
  5. Jangan Sajikan Bubur Ayam Kalau yang Diminta Nasi Goreng
  6. Read This Document Carefully
  7. Proposal Teknis - Bagian 5
  8. Proposal Teknis - Bagian 4
  9. Proposal Teknis - Bagian 3
  10. Proposal Teknis - Bagian 2
  11. Proposal Teknis - Bagian 1
  12. Prinsip Dasar Penyusunan Proposal
  13. Penyusunan Proposal
  14. Artikel-Artikel Cetta Lainnya

PrintEmail